Belum banyak orang yang tahu apa pentingnya AWB atau resi dalam pengiriman. AWB (airway bill) adalah sebuah dokumen atau surat penting yang merupakan bukti pengiriman jalur udara seperti pesawat.
Sedangkan dalam pengiriman memakai jalur darat serta jalur laut disebut dengan istilah resi. Beberapa informasi yang terdapat di dalam airway bill meliputi nomor, nama, nomor telepon dan alamat dari penerima serta deskripsi paket.
Konten
ToggleAlasan Pentingnya AWB atau Resi dalam Pengiriman

Di dalam kegiatan pengiriman, baik itu itu yang dilakukan oleh jasa cargo di Medan jalur darat, laut maupun udara, selalu ada resi. AWB mempunyai peran penting dalam proses pengiriman karena merupakan tanda bukti bahwa paket sudah dikirimkan.
Selain itu, alasan pentingnya AWB atau resi dalam pengiriman yaitu mengandung banyak informasi penting. Contoh informasi yang sangat penting adalah kontrak atau perjanjian pengangkutan barang, rute, biaya serta jadwal kirim.
Baca juga: Contoh Surat Jalan Pengiriman Barang yang Baik dan Benar
Informasi tersebut tentu saja sangat membantu pihak pengirim maupun penerima paket. Alasan lainnya yaitu airway bill bisa dipakai sebagai bukti asuransi untuk jenis paket yang diasuransikan, penjamin kerugian.
Tidak hanya menjadi bukti saja, pentingnya AWB atau resi dalam pengiriman juga sangat berperan dalam proses pelacakan. Jadi, progres pengiriman sudah sampai titik lokasi mana bisa diketahui secara mandiri.
Ketika proses pelacakan ditemukan paket tidak bergerak dari suatu titik lokasi selama beberapa hari, bisa segera langsung menanyakannya kepada pihak jasa cargo maupun ekspedisi. Kemudian jasa akan membantu mengecek dan mengidentifikasi penyebabnya.
Tata Cara Melacak Resi atau AWB Pengiriman Barang
Untuk mengetahui sudah sampai mana barang yang dikirimkan menuju alamat tujuan, tidak harus bertanya kepada jasa kirim. Anda bisa melacaknya secara mandiri menggunakan nomor AWB yang sesuai dengan paket tersebut. Inilah tata cara pelacakannya:
1. Perhatikan Jasa Kirim yang Digunakan
Langkah pertama, perhatikan terlebih dahulu jasa kirim yang Anda gunakan. Setiap jasa kirim mempunyai kode AWB berbeda-beda walaupun jenis barang dan lokasi tujuannya sama, baik itu pengiriman dalam negeri maupun luar negeri.
2. Cari Nomor Resinya
Berikutnya, cari letak nomor resi paket tersebut. Mengingat pentingnya AWB atau resi dalam pengiriman, terutama untuk membantu melacak barang, foto atau catat bila perlu. Tujuannya sebagai antisipasi bila surat bukti pengirimannya hilang secara tiba-tiba.
Hal ini perlu dilakukan bila transaksi yang dilakukan secara offline. Di mana nomor resi diperoleh dari dokumen bukti pengiriman yang diberikan jasa kirim. Sedangkan transaksi online tertera pada aplikasi atau situs penyedia barang terkait.
3. Lakukan Proses Tracking
Langkah terakhir yaitu lakukan proses tracking. Caranya dengan mengunjungi situs resmi jasa kirim lewat mesin pencarian atau aplikasi khusus. Pilih fitur tracking, lalu inputkan nomor resi sesuai dengan paket yang Anda kirimkan dan tunggu halaman memunculkan hasilnya.
Ingin mengirimkan barang yang didukung oleh fitur pelacakan real time AWB atau nomor resi? Gunakan saja RKP Logistic yang memiliki situs resmi rkplogistic.co.id. Jasa kami menjamin ketepatan waktu pengiriman barang ke alamat tujuan dengan tarif terjangkau.
Konsultasi segera dan hubungi kami melalui nomor 0812-588-0088 atau email Info@rkplogistic.co.id. Mengingat pentingnya AWB atau resi dalam pengiriman, tidak perlu khawatir ketika Anda menggunakan RKP Logistic karena dari segi kualitas terjamin.