Apa itu misroute dalam pengiriman adalah salah satu istilah yang kerap digunakan di dunia logistik. Bagi yang berkecimpung di bidang layanan pengiriman, tentunya sudah tidak asing lagi dengan misroute.
Termasuk juga yang kerap menggunakan layanan ini sebagai pihak penjual maupun pembeli. Sedangkan yang tidak berkecimpung dan jarang atau belum pernah memakai layanan ini, wajar bila belum mengetahuinya. Bila Anda salah satunya, simak saja uraian berikut.
Konten
TogglePembahasan tentang Apa Itu Misroute dalam Pengiriman Barang

Sebenarnya apa itu misroute? Yaitu barang mendarat di alamat tujuan yang salah atau salah rute. Walaupun sudah dikerjakan dengan hati-hati, kejadian seperti tetap berpotensi terjadi dalam proses kirim paket.
Ada berbagai penyebab terjadinya misroute. Beberapa diantaranya kesalahan dalam proses penginputan data alamat tujuan, gangguan jaringan, sistem bermasalah, human error atau kurir kurang teliti saat melakukan pengiriman dan keadaan cuaca sedang buruk.
Kesalahan packing oleh pihak petugas serta salinan komunikasi antara pihak yang terlibat dalam proses pengiriman buruk juga menyebabkan barang tidak sampai ke lokasi tujuan sebagaimana mestinya.
Misroute tidak hanya berdampak terhadap keterlambatan dalam proses pengiriman saja. Melainkan juga ketidakpuasan pelanggan, mengalami risiko rusak, beban biaya ekstra dan kecemasan.
Dampak paling parah apa itu misroute dalam pengiriman adalah barang hilang sehingga tidak sampai sama sekali di tempat tujuan. Ketika hal seperti ini terjadi dan pihak jasa kirim lepas tanggung jawab, Anda akan mengalami kerugian dari segi waktu, tenaga maupun biaya.
Beberapa Cara Mengatasi Misroute Bisa Dilakukan
Akan lebih baik bila menghindari terjadinya salah rute dalam proses pengiriman. Tapi, ketika sudah terlanjur terjadi, tidak perlu panik dan khawatir berlebihan. Atasi segera dengan menerapkan beberapa cara berikut ini:
1. Memeriksa dengan Teliti Informasi Pengiriman
Cara pertama adalah memeriksa kembali informasi yang tercantum pada paket dengan teliti. Cermati seluruh informasi tertera, terutama alamat tujuan serta nomor telepon penerimanya.
Karena ada kemungkinan kesalahan rute terjadi akibat Anda salah dalam menginput data penerima, sehingga barang sampai di lokasi yang tidak tepat. Bila memang ditemukan ada kesalahan, segera informasikan kepada jasa cargo di Medan yang digunakan.
2 Memantau Status Pengiriman secara Berkala
Cara berikutnya adalah memantau status pengiriman secara berkala. Tujuannya adalah melihat pergerakan terbaru barang. Sebab, ada kemungkinan setelah salah rute, pihak jasa sudah mengatasinya dan barang dalam proses kirim menuju alamat yang benar.
Baca juga: Pentingnya AWB atau Resi dalam Pengiriman dan Cara Melacaknya
3. Melakukan Komunikasi dengan Pihak Penerima
Cara mengatasi apa itu misroute dalam pengiriman terakhir yaitu melakukan komunikasi dengan pihak penerima. Penting untuk menginformasikan kepada penerima bahwa barang yang mereka tunggu sedang dalam kendala salah rute.
Jelaskan penyebabnya dan informasikan jadwal kirim ulang. Jangan lupa untuk meminta maaf bila sebelumnya Anda menjanjikan kepada penerima bahwa pengiriman akan tepat waktu sesuai kesepakatan.
Kecepatan penyelesaian masalah misroute sangat bergantung pada jenis jasa kirim yang digunakan. Di antara banyaknya jasa, RKP Logistic adalah salah satu yang rekomended dijadikan opsi. Informasi lebih lengkap tentang RKP Logistic ada pada laman rkplogistic.co.id.
Salah rute akan lebih minim terjadi ketika memakai jasa ini. Kalaupun terjadi, akan sesegera mungkin diatasi. Hubungi kami 0812-588-0088 atau email Info@rkplogistic.co.id untuk konsultasi kebutuhan Anda dan bertanya lebih lanjut tentang apa itu misroute dalam pengiriman.