Jasa Cargo Murah di Medan – Pernah merasa kurang cocok pada barang yang sudah dibeli, Anda bisa mengembalikan barang tersebut setelah memahami peraturan retur barang. Sistem pengembalian ini bisa dilakukan untuk toko offline maupun online dengan beberapa syarat.
Jika Anda membeli produk online, syarat yang biasanya harus dipenuhi adalah memilii bukti pembayaran dan video unboxing paket. Ada banyak alasan bisa mendorong Anda melakukan retur simak penjelasannya berikut ini.
Konten
TogglePengertian Retur Barang, Peraturan dan Jenisnya
Dalam proses transaksi jual beli tidak selamanya berjalan sesuai dengan rencana. Beberapa diantara harus terhambat karena produk rusak atau tidak sesuai dengan keinginan dari pembeli. Untuk mengatasi masalah tersebut, penjual memberikan pilihan untuk pengembalian.
Pengertian retur barang adalah proses pengembalian produk sudah terbeli yang tidak sesuai atau rusak. Saat mengembalikannya pembeli harus memiliki dokumen-dokumen tertentu menjadi syarat agar prosesnya berjalan dengan baik.
Peraturan ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 mengenai perlindungan konsumen. Dalam pasal tersebut menyebutkan bahwa apabila sejak semula terdapat unsur kesengajaan penyerahan dari penjual.
Terutama dalam mengirimkan produk rusak kepada pembeli, maka penjual akan mendapatkan sanksi secara hukum yang berlaku. Anda harus mengetahui bahwa retur dibagi menjadi dua jenis retur barang yaitu retur pembelian dan juga penjualan.
Retur Pembelian
Retur pembelian adalah barang yang dikembalikan penjual dengan kompensasi pengembalian uang atau kredit toko. Biasanya alasan dari pengembalian ini adalah produknya rusak atau cacat dan tidak sesuai dengan dipesan.
Retur Penjualan
Sedangkan jenis retur barang penjualan merupakan ketika pembeli mengirimkan kembali barang kepada penjual dengan beberapa alasan seperti penjual mengirimkan produk terlalu banyak.
Ketahui Beberapa Alasan Retur Barang
Selain karena produk rusak atau tidak sesuai, ada alasan lain dari pengembalian yang menjadi dasar pembeli mengajukan pengembalian. Seperti, kelebihan kuantitas diakibatkan penjual tidak sengaja memberikan produk tambahan. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai alasan yang menjadi dasar seseorang melakukan retur.
1. Kelebihan Jumlah Produk
Penjual sering sekali melakukan kesalahan seperti mengirim jumlah yang lebih. Hal ini biasanya terjadi akibat terlalu banyak pesanan sehingga membuatnya kurang teliti. Pembeli bisa melakukan retur penjualan dan mengirimkan produk tambahan kepada penjual.
Baca juga: 7 Alasan Paket Gagal Dikirim, Nomor 1 Penyebab Utama
Waktu Pengiriman Terlambat
Waktu pengiriman terlambat dari estimasi waktu yang telah ditentukan juga bisa menjadi alasan retur barang. Produk datang terlambat bisa jadi tidak diinginkan atau dibutuhkan lagi oleh pembeli.
Apalagi produk tersebut merupakan paket yang dikirim memiliki masa pakai atau masa konsumsi yang pendek. Karena hal itu, pembeli bisa mengajukan pengembalian uang atau penjual bisa mengirimkan kembali produk baru. Keputusan ini tergantung dengan kebijakan berlaku.
Barang Yang Datang Tidak Sesuai Dengan Harapan
Hal seperti ini sering sekali terjadi saat pembeli membeli secara daring. Produk tersebut bisa jadi memiliki ukuran yang lebih kecil atau lebih besar, bahan berbeda dengan deskripsi, atau warna yang dipesan berbeda.
Barang Dipesan Secara Tidak Sengaja
Beberapa pembeli pasti pernah mengalami tidak sengaja membeli sebuah produk yang sama sekali tidak dibutuhkan. Hal ini juga sering dialami ketika seseorang memesan secara daring di marketplace.
Produk yang Diterima Cacat Atau Rusak
Dalam proses pengiriman bisa menjadi alasan barang diterima dalam keadaan rusak atau cacat. Biasanya pembeli bisa ajukan pengembaliannya kepada penjual dengan meminta ganti baru atau uang dengan harga penuh atau sebagian.
Pemesan Tidak Mau Membayar
Terakhir, alasan retur barang bisa terjadi karena pembeli yang tidak mau membayar produk sudah datang ke rumahnya. Saat ini hampir semua marketplace menggunakan sistem Cash on Delivery, jadi pembeli akan membayar ketika paketnya sudah sampai di rumah.
Namun, beberapa kasus terjadi saat pembeli enggan membayar karena beberapa alasan seperti belum memiliki uang, barangnya tidak sesuai dan masih banyak lagi
Cara meretur barang juga sangat mudah, pembeli bisa memiliki jasa cargo murah di Medan jika barang yang dikirimkan dalam jumlah besar atau melebihi batas normal atau reguler. Salah satu jasa ekspedisi cargo termurah di Medan adalah RKP Logistic.
Dengan hadirnya RKP Logistic pengiriman akan dilakukan secara tepat waktu, telah dilengkapi sistem pelacakan secara real-time dan biayanya murah. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang jasa cargo termurah di Medan dengan hubungi kami melalui whatsapp 0812-588-0088 atau email Info@rkplogistic.co.id.
Selain menerima jasa cargo, kami juga menyediakan berbagai jasa lain antara lain jasa pindahan rumah yaitu RKP Mover dan RKP Handling (last-mile).
Setelah memahami pengerian, alasan, jenis hingga peraturan retur barang, Anda bisa menggunakan layanan cargo RKP Cargo & Trucking termurah dan transparan hanya di RKP Logistic.